DOWNLOAD KUMPULAN PERANGKAT ADMINISTRASI AKREDITASI SEMUA JENJANG ADA SESUAI DENGAN BAN-SM

Assalamualaikum bapak ibu guru semua, dari sabang sampai merauke. Salam sapa aku untuk anda semua semoga pada kesempatan ini dalam keadaan sehat dan senantiasa di kasih kebahagiaan. Amin. Pada kesepatan ini ijinkan saya berbagi file tentang DOWNLOAD KUMPULAN PERANGKAT ADMINISTRASI AKREDITASI SEMUA JENJANG ADA SESUAI DENGAN BAN-SM.
http://paririmbonsekolah.blogspot.co.id/

Berikut saya jelaskan secara singkat pengertian Akreditasi sekolah/madrasah yang merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan/atau program pendidikan, yang dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas publik. Di dalam proses akreditasi, sebuah sekolah/madrasah dievaluasi dalam kaitannya dengan arah dan tujuannya, serta didasarkan kepada keseluruhan kondisi sekolah/madrasah sebagai sebuah institusi belajar. Walaupun beragam perbedaan dimungkinkan terjadi antar sekolah/madrasah, tetapi sekolah/madrasah dievaluasi berdasarkan standar tertentu. Standar diharapkan dapat mendorong dan menciptakan suasana kondusif bagi pertumbuhan pendidikan dan memberikan arahan untuk evaluasi diri yang berkelanjutan, serta menyediakan perangsang untuk terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan. Akreditasi merupakan alat regulasi diri(self-regulation)agar sekolah/madrasah mengenal kekuatan dan kelemahan serta melakukan upaya yang terus menerus untuk meningkatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahannya. Dalam hal ini akreditasi memiliki makna proses pendidikan. Di samping itu akreditasi juga merupakan penilaian hasil dalam bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi suatu sekolah/madrasah yang telah memenuhi standar layanan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses akreditasi dalam makna proses adalah penilaian dan pengembangan mutu suatu sekolah/madrasah secara berkelanjutan. Akreditasi dalam makna hasil menyatakan pengakuan bahwa suatu sekolah/madrasah telah memenuhi standar kelayakan yang telah ditentukan.

Selain dari pengertian Akreditasi Sekolah, disini juga dijelaskan sasaran akreditasi atau ruang lingkup akreditasi sekolah. Ruang lingkup akreditasi sekolah/madrasah maliputi :
1. Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA).
2. Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI).
3. Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).
4. Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).
5. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
6. Sekolah Luar Biasa (SLB) yang terdiri dari Taman Kanak-kanak Luar Biasa (TKLB), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa (SLTPLB) dan Sekolah Menengah Luar Biasa (SMLB).

Menindaklanjuti dua hal diatas yaitu pengertian dan ruang lingkup Akreditasi Sekolah, maka disini dijelaskan mengenai Tujuan Akreditasi Sekolah dan Madrasah adalah agar penyelenggaraan pendidikan pada semua lingkup mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Pemerintah melakukan akreditasi pada setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan.
Selain itu tujuan akreditasi juga bertujuan agar pihak luar, pengguna jasa pendidikan mengetahui mutu sekolah dimana mereka sedang belajar, orang tua mengetahui mutu dan repotasi dimana anak mereka belajar, pasar atau dunia kerja juga mengetahui kemana merekaharus memilih dan merekrut tenaga kerjanya; pemerintah  mengetahui dari reputasi sekolah dan madrasah yang bagaimana mereka harus merekrut atau mendapatkan tenaga kerjanya, dan lembaga-lembaga (sekolah-sekolah) lain juga dapat mengetahui dengan lembaga pendidikan yang bagaimana mereka bekerja sama.

Baik tidak akan panjang lebar lagi, setelah bapak ibu guru memahami hal di atas, maka seilahkan download file lengkap tentang DOWNLOAD KUMPULAN PERANGKAT ADMINISTRASI AKREDITASI SEMUA JENJANG ADA SESUAI DENGAN BAN-SM, pada link dibawah ini:
  1. PEDOMAN AKREDITASI <<<DOWNLOAD DISINI>>>
  2. PERANGKAT AKREDITASI JENJANG SD/MI <<<DOWNLOAD DISINI>>>
  3. PERANGKAT AKREDITASI JENJANG SMP/MTs <<<DOWNLOAD DISINI>>>
  4. PERANGKAT AKREDITASI JENJANG SMA/MA <<<DOWNLOAD DISINI>>>
  5. PERANGKAT AKREDITASI JENJANG SMA <<<DOWNLOAD DISINI>>>

Fungsi Akreditasi Sekolah/Madrasah. Dengan menggunakan instrumen akreditasi yang komprehensif,hasil akreditasi diharapkan dapat memetakan secara utuh profil sekolah/madrasah.Proses akreditasi sekolah/madrasah berfungsi untuk:
  1. Pengetahuan,yaitu sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah/madrasah dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikator.
  2. Akuntabilitas,yaitu sebagai bentuk pertanggung jawaban sekolah/madrasah kepada publik,apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.
  3. Pembinaan dan pengembangan,yaitu sebagai dasar bagi sekolah/ madrasah ,pemerintah,dan masyarakat dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu sekolah/madrasah.
Demikian artikel tentang DOWNLOAD KUMPULAN PERANGKAT ADMINISTRASI AKREDITASI SEMUA JENJANG ADA SESUAI DENGAN BAN-SM yang saya bisa sajikan. Terima kasih atas partisipasinya telah berkunjung pada blog ini. Sekian Wasssalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel